Sunday, November 11, 2018

Hewan Termalas Di Dunia




1. Koala

Hasil gambar untuk foto Koala

tiba saatnya di urutan pertama hewan termalas di dunia. Predikat tersebut dipegang oleh hewan asli Australia yaitu koala. Hewan lucu berbulu yang senang memakan daun ini dijuluki hewna termalas dikarenakan ia memiliki durasi tidur yang sangat lama yakni 18 sampai 22 jam per hari.

Daun eucalyptus adalah makanan favorit dari koala. Bayangkan jika ada orang yang tidur setelah memakan burger ditambah dengan kentang goreng, hal itulah yang dilakukan oleh koala. Setelah dirasa cukup memakan daun eucalyptus, maka koala akan langsung tidur. Hampir 80% dari hidup koala dihabiskan di dunia mimpi.

2. Sloth

Hasil gambar untuk foto Sloth

Tidak jauh berbeda dengan kelelawar coklat, sloth juga tidur selama 20 jam per hari, membuat hewan ini menjadi salah satu hewan termalas di dunia. Saking malasnya, sloth lebih memilih untuk menghabiskan waktunya bergantungan di pohon yang menjadi kesukaannya. Dari, tidur, makan, bahkan melahirkan, semua dilakukannya di atas pohon.

Selain malas, sloth dikenal juga sebagai hewan yang sangat lamban. Kelambanan mereka juga mempengaruhi sistem metabolisme tubuh mereka. Hanya dalam keadaan darurat seperti ancaman dari predator saja maka barulah sloth akan menunjukkan kecepatan mereka yang sebenarnya.

3. Kelelawar Coklat

Hasil gambar untuk foto Kelelawar Coklat

Kelelawar coklat menjadi bahan pembelajaran para peneliti untuk membuka lebih banyak ilmu pengetahuan dari dunia kelelawar. Kelelawar coklat ini juga merupakan jenis kelelawar paling banyak ditemukan di Amerika Utara.

Kira-kira apa yang akan terjadi pada manusia apabila terlalu banyak tidur? Tubuh pasti terasa pegal-pegal. Kelelawar coklat ini diketahui dapat tidur selama 20 jam per harinya. Jika manusia yang tidur selama itu dipastikan bukan segar yang didapat tapi tubuh yang pegal. Tidak hanya memiliki durasi tidur yang sangat lama, kelelawar coklat juga akan berhibernasi kira-kira setengan tahun apabila stok makanan sudah mulai menipis.

4. Armadillo

Hasil gambar untuk foto Armadillo

Memiliki tubuh yang tebal layaknya tameng, mamalia ini memiliki rata-rata panjang tubuh 75 cm. Namun armadillo diketahui masih bisa bertumbuh hingga panjang mencapai 150 cm dengan berat mencapai 54 kg. Armadillo termasuk hewan asli dari negara Amerika dengan menu makanan berupa serangga, belatung, dan hewan tak bertulang belakang kecil lainnya.

Paling sering terlihat aktif di sore hari, armadillo ternyata memiliki durasi tidur yang cukup lama yakni 18 sampai 19 jam per hari. Lama tidur 18 sampai 19 jam tersebut membuat armadillo menghabiskan hampir sebagian besar harinya dengan bermalas-malasan. Para peneliti masih melakukan penelitian kenapa hewan ini bisa begitu malas. Mungkin karena armadillo terlahir dengan sifat malas.

5. Opossum

Hasil gambar untuk foto Opossum

Opossum atau possum masih masuk golongan hewan mamalia berkantung. Adalah hewan asli yang berasal dari Amerika Selatan. Dengan menu diet yang fleksibel dan kemampuan berkembang biak yang sangat baik, opossum sukses membuat koloni besar yang tersebar di berbagai daerah. Opossum juga bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Opossum pada normalnya tidur selama 18 sampai 20 jam per hari. Ini membuat opossum masuk dalam daftar hewan termalas di dunia. Tidak cuma malas, opossum juga termasuk hewan yang lamban dalam bergerak. Jika jumlah makanan semakin menipis, opossum biasanya akan menyimpan makanan di dalam sarangnya sebagai cadangan makanan. KLIK DISINI UNTUK SELANJUTNYA

No comments:

Post a Comment